Angkrong Corner
Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Menghilangkan Trypophobia

Kemarin ane posting tentang "Trypophobia Ketakutan Pada Lubang-lubang Kecil" , nah kali ini ane mau ngasih tips "Cara Mengobati Trypophobia", seperti halnya jenis phobia lain, trypophobia bisa diobati.
caranya antara lain :

  1. Terapi Perilaku : menjalani terapi memungkinkan seorang individu untuk berubah dan mampu mengontrol perilaku yang tidak diinginkan. Melalui terapi, orang bisa belajar bagaimana mengatasi trypophobia terutama ketika mereka melihat lubang-lubang kecil.
  2. Terapi Kognitif  : tujuan terapi ini kepada orang-orang trypophobic adalah untuk mengubah pola berpikir ketakutan yang tidak produktif. Penderita meneliti perasaan mereka kembali dan berusaha untuk memisahkan antara yang nyata dan tidak.
  3. CBT atau Cognitive Behavior Therapy : ada beberapa terapis yang menggunakan campuran dari dua terapi diatas untuk menyembuhkan trypophobia. Penderita diajari keterampilan pemulihan yang bisa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. NLP atau Neuro-Linguistic Programming : dalam metode ini, orang yang terkena trypophobe pikirannya dalam melihat sesuatu diprogram ulang untuk mengurangi fobia. Ini jenis intervensi yang cepat dan efisien dalam menyembuhkan trypophobia. Selain itu, keterlibatan yang juga langsung dan mudah untuk diaplikasikan.
Ane sendiri mengatasinya dengan sering-sering melihat gambar-gambar yang  menyebabkan trypophobia , dan merenungkan ,sebenarnya "Apakah masuk akal kita takut dengan gambar seperti itu?" , dengan begitu kita akan terbiasa dengan gambar-gambar tersebut , dan dengan merenungkannya kita memprogram ulang otak kita. Alhamdulillah ane sekarang cuman geli-geli doang , kalau dulu sampe mau muntah .. heheheh :D

Sekian postingan kali ini tentang Tips Menghilangkan Tryphobia , semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.
Silahkan berkomentar untuk memberi kritik atau saran :D

6 komentar

Anton nius 12 Maret 2014 14.20

ane merinding gan --> lemas --> dan selalu teringat kayak lengket di pikiran ane dan kl uda gitu ane merinding trus lemas

Hasan Hasbuloh 12 Maret 2014 17.29

biasakan saja dengan gambar-gambar seperti itu gan .. pasti efeknya hilang sedikit-sedikit :D
thanks for koment gan

Tutur 25 Juli 2014 14.26

Setiap ngeliat yg kaya gitu pasti merinding terus :( gakuat

anelsa putri 27 Maret 2015 11.31

Kasih trik yang paling jitu banget dong? Aku undah ngak tahan banget ama trypophobia aku, bahkan ngelihat bekas jerawat di muka teman aku( lumayan banyak gitu bekasnya) geli banget rasanya tambah lagi seluruh badan aku gatal2 semua

vLAD pANG 18 Desember 2015 16.39

Jangan kuatir bagi yang menderita karena Trypophobia..

Saya juga sebelumnya seorang penderita yang parah.. Setelah melihatnya saya terus dihantui gambar-gambar tersebut sepanjang hari dan membuat saya gelisah bahkan sampai terbawa mimpi..

Tapi saya punya keinginan yang sangat kuat untuk sembuh.. Makanya saya Google semua situs yang berhubungan dengan Trypophobia dan memaksakan diri untuk memandang setiap gambar yang ada dalam situs-situs tersebut dengan seksama bahkan saya zoom untuk melihat detailnya..

Pada dasarnya gambar-gambar tersebut adalah hasil rekayasa gambar atau yang biasa disebut gambar photoshop.. Tidak ada yang betulan.. Kalau toh ada yang natural justru biasanya tidak terlalu mengerikan.. Karena logikanya hanya orang bodoh yang mau membiarkan tubuhnya sampai bolong-bolong begitu tanpa diobati secepatnya kan..

Alhasil, setelah tiga hari berturut-turut saya 'pantengi' gambar-gambar tersebut, sekarang saya jadi biasa aja bahkan suka tertawa geli kalau melihatnya lagi sambil berpikir.. 'kog ada aja orang yang sempet-sempetnya bikin gambar-gambar tersebut.. over creative, kali yaa...' Hehehe.....

Selamat mencoba dan semoga segera sembuh...

hanna afiana 26 Desember 2015 00.35

dari kecil saya selalu merinding dan gatal2 ketika melihat benda berlubang2 atau sesuatu yg bergerombol seperti terumbu karang,biji bunga teratai atau bagian tengah bunga matahari,biasanya saya langsung mengalami gatal2 di sekujur tubuh saya,resah dan pikiran saya tidak bisa terfokus pada yg lain krn selalu terbayang2 diluar kontrol. apakah saya mengalami trypophobia? apalagi saat di media sosial beredar gambar tangan atau bagian tubuh yg berlubang2 yg katanya akibat serangga pemakan kulit dan daging,entah itu hoax atau tidak,yg jelas stlh tak sengaja saya melihat meskipun lgsg cepat2 saya skip saya tetap mengalami gatal2 di kepala,bagian dlm telinga,hidung dan seluruh tubuh hingga muncul kemerahan pada kulit,serta perasaan resah dan merinding yg tidak terkontrol. kondisi seperti itu bisa berlangsung hingga lebih dari seminggu. saya tidak tahu bgmn cara mengatasinya,krn minum obat alergi dan obat gatal pun tidak berefek. tolong bgmn cara mengatasi kondisi seperti saya ini.. apakah ada obatnya.. terima kasih..

Posting Komentar

*Komentar yang bener (baik,sopan, dan bener)
*Ora sangenahmu komentna
*Ora porno-pornoan
*Teu meunang ngahina
*Teu meunang masang link aktif

 
Kang Tahu